Senin, 08 Agustus 2011

Pendataan UMKM Desa Setrokalangan Oleh Tim 2 KKN PPM Undip

PENDATAAN UMKM DESA SETROKALANGAN









“Pekerja sedang membuat roti”
Diawal bulan puasa tepat pada tanggal 1 Agustus 2011, mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2011 telah melaksanakan salah satu programnya yaitu melakukan pendataan UMKM yang ada di desa Setrokalangan.
Pendataanpun dimulai pada pukul 14.00 dan UMKM yang pertama kali dikunjungi yaitu usaha Kerupuk Puli. Setelah itu, UMKM berikutnya yang dikunjungi yaitu usaha pembuatan tempe. Usaha ini di laksanakan oleh Bapak Mintar Asnawi. Adapun pemasaran tempe ini yaitu di Pasar Mayong, Jepara, dan beberapa tempat di Kecamatan Kudus.

Bapak Mintar pun menyambut dengan baik kedatangan mahasiswa KKN dan tidak lupa beliau pun memberikan oleh-oleh kepada mahasiswa KKN hasil usahanya yaitu sepotong tempe yang lumayan besar, “ini bisa buat buka puasa nanti dek” katanya.
Setelah itu, Tim II KKN UNDIP pun berkunjung ke rumah Bapak Suparno  yang mempunyai usaha roti “Surya”. Usaha ini terbilang cukup besar dikarenakan pemasarannya pun tidak hanya di Kecamatan Kaliwungu, tapi sudah meluas ke Kabupaten Pati dan Jepara. Jenis roti yang dihasilkan berupa bolu dan roti-roti kering.
Melalui salah satu program Kecamatan Tim II KKN UNDIP 2011 ini diharapkan selain mendapatkan data-data UMKM yang ada di kecamatan Kaliwungu, program ini juga dapat mempromosikan usaha-usaha mandiri maupun potensi yang ada di Kecamatan Kaliwungu kepada masyarakat luas.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More